Tips Desain Blog Untuk Blogger

Saya ingin berbagi sedikit tips-tips desain blog untuk para blogger, mungkin selama ini anda tidak terlalu memperhatikan secara detail mengenai desain blog anda. Rata-rata hanya memilih template blog yang sesuai dengan keinginan tanpa memperhatikan lagi element-element yang ada dalam desain template tersebut.
Yang saya maksudkan element-element itu contohnya seperti font,  ukuran font, warna background blog, atau warna dari font. Tips ini dimaksudkan agar blog anda lebih indah untuk dipandangnya, dan tidak jarang seorang pengunjung ketika mengunjungi sebuah blog dengan desain yang bagus/baik akan merasa betah apalagi didukung dengan artikel-artikel yang bermanfaat.
Silahkan anda simak beberapa tips-tips desain blog dari saya :

Pemilihan Font dan ukuran font

Pemilihan Font yang baik menurut riset adalah menggunakan Font seperti Arial, Verdana, Tahoma atau Times New Roman. Untuk mengecek font apa yang anda gunakan pada blog anda biasanya font ini diletakan pada code CSS berikut :
body { font:      } 
Bila font anda sudah masuk dalam kriteria font yang baik seperti yang saya sebutkan diatas, lewatkan saja tips ini. Kemudian pemilihan ukuran font yang ideal itu besarnya14px, 15 px atau 16px. Silahkan anda perhatikan ukuran font di blog saya ini, mudah di baca dan tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil, saya menggunakan ukuran font 14px.

Gunakan font berwarna hitam untuk background putih atau terang

Hasil dari sebuah penelitian menegaskan bahwa font berwarna hitam pada background putih atau terang lebih mudah di baca dari pada font berwarna putih pada background hitam.

Penataan Sidebar

Penataan sidebar ini dimaksudkan pada 2 hal, yaitu iklan ( banner ) dan artikel (recent post atau popular post ). Pertama mengenai iklan ( banner ), bila anda mengikuti sebuah bisnis atau program affiliasi atau misalkan anda membuka lapak pemasangan iklan dan anda ingin setiap pengunjung melihat itu.
Manfaatkan lah sidebar anda dengan bijaksana tentunya, anda lihat pada sidebar saya ada 2 banner, perhatikan penempatannya anda pun ketika memasang banner harus memperhatikan penempatannya harus rapi dan usahakan ukurannya sama agar mudah untuk merapihkannya, tapi setelah rapi penempatannya anda jangan terlalu banyak memasang bannernya,mengapa? silahkan baca artikel mengenai 4 Faktor Yang Membuat Pengunjung Merasa Tidak Nyaman.
Yang kedua mengenai artikel ( related post atau popular post ), buatlah sidebar anda sebagai fasilitas yang memudahkan pengunjung untuk menavigasi blog anda, pasanglah artikel-artikel yang menurut anda bermanfaat atau menarik untuk para pembaca blog anda.
Semoga bermanfaat !

Label:

Penulis: Hafiz ~ Berbagi Info dan Tips Blogging

Artikel Tips Desain Blog Untuk Blogger ini dipublish oleh Hafiz pada hari . Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons