Membuat Readmore pada postingan blog

Bagi seorang pemula blogger atau yang baru membuat blog mungkin penambahan Readmore, Baca Selengkapnya, Continue, Selanjutnya… dan sebagainya pada sebagian pemenggalan kalimat postingan pada blog mungkin masih tidak mengerti bagaimana cara membuat hal seperti itu lebih jelasnya lihat contoh postingan gambar dibawah ini…
read


nah… sudah ngerti kan ? maksudnya…
untuk membuat tampilan postingan seperti diatas ikuti saja perintahnya sebagai berikut :
pada menu layout pilih edit HTML dan beri tanda centang expand template widget kemudian cari tanda script dibawah ini :
<div class=’post-body’>
<p><data:post.body/></p>
<div style=’clear: both;’/> <!– clear for photos floats –>
</div>
supaya tidak lama atau bingung mencarinya pakai cara ini –> pada menu edit html tekan tombol Ctrl F kemudian keluar menu tool bar dibawah masukan copya paste salah satu kode diatas, jika penulisan benar maka akan tampil blok hijau sebagai penunjuk tempat pencarian kode tersebut…. oke selanjutnya
Kode di atas adalah kode asli dari template anda. selanjutnya ganti kode di atas dengan cara mengcopy kode dibawah ini :
<div class=’post-body’>
<b:if cond=’data:blog.pageType == “item”‘>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p> <!– kesatu –>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/></p> <!– kedua –>
<a expr:href=’data:post.url’>Read more…..</a>
</b:if>
<div style=’clear: both;’/> <!– clear for photos floats –>
</div>
Kode di atas sengaja di bedakan warnanya, warna hitam adalah kode aslinya dari template, warna merah merupakan kode yang harus di tambahkan, anda juga bisa mengganti Read more…. dengan selera anda seperti baca selengkapnya, seterusnya, selanjutnya dll terserah yang anda sukai…
Harap perhatikan kode ini :
<p><data:post.body/></p>
Kode di atas harus di pastikan ada dua tidak boleh ada satu karena jika ada satu maka postingan sobat bisa hilang semuanya, akan tetapi sebenarnya seluruh postingan tidak hilang, akan tetapi tidak di perlihatkan alias di sembunyikan.
Setelah kode diatas disimpan kita kembali dan masuk ke tab Pengaturan > Format > cari “Post Template” Kemudian pada kotak masukan kode dibawah ini
<div class=”fullpost”>
</div>
Jangan lupa disimpan !
Selanjutnya penjelasan cara menggunakan readmore pada halaman posting. Saat kita melakukan posting pertama kali kita akan melihat kode:
<div class=”fullpost”>
</div>
Jangan dihapus kode diatas karena kode tersebut merupakan kode yang akan kita pakai sebagai pemenggalan posting nantinya.
Contohnya :
Selanjutnya Saya akan memakai versi sebelumnya yakni Adobe InDesign 2.0. Aplikasi ini saya pilih karena sudah 7 tahun lebih saya memakainya untuk pekerjaan saya sekarang untuk layout koran, tabloid, dan majalah. (Misalnya Disini Text yang akan kita buat penggalan) Untuk yang versi CS3 sebenarnya tidak ada masalah karena perintahnya sama dan bahkan banyak tambahan fitur operasionalnya. Saya memilih versi 2.0 karena untuk mempermudah bagi pemula yang ingin belajar AdobeInDesign.
Jika belum terinstall programnya install terlebih dahulu di komputer anda… atau download softwarenya di adobe.com namun sayangnya software ini sifatnya Trial. Bila ingin software aslinya bisa langsung hubungi saya ke email : adiguna21@gmail.com
Bagaimana caranya? anda lihat 2 kode penggalan kalimat dibawah ini (harap diingat kode hanya bekerja pada halaman editor posting)
Selanjutnya Saya akan memakai versi sebelumnya yakni Adobe InDesign 2.0. Aplikasi ini saya pilih karena sudah 7 tahun lebih saya memakainya untuk pekerjaan saya sekarang untuk layout koran, tabloid, dan majalah. <div class=”fullpost”>Untuk yang versi CS3 sebenarnya tidak ada masalah karena perintahnya sama dan bahkan banyak tambahan fitur operasionalnya. Saya memilih versi 2.0 karena untuk mempermudah bagi pemula yang ingin belajar AdobeInDesign.
Jika belum terinstall programnya install terlebih dahulu di komputer anda… atau download softwarenya di adobe.com namun sayangnya software ini sifatnya Trial. Bila ingin software aslinya bisa langsung hubungi saya ke email : adiguna21@gmail.com
</div>
dan hasilnya akan seperti ini :
Selanjutnya Saya akan memakai versi sebelumnya yakni Adobe InDesign 2.0. Aplikasi ini saya pilih karena sudah 7 tahun lebih saya memakainya untuk pekerjaan saya sekarang untuk layout koran, tabloid, dan majalah. Read more ….
Sudah selesai dan simpan postingan anda… selamat mencoba…
Apabila masih bingung atau gagal dengan perintah kode diatas.. silahkan tanya pada komentar box atau email saya…

Label:

Penulis: Hafiz ~ Berbagi Info dan Tips Blogging

Artikel Membuat Readmore pada postingan blog ini dipublish oleh Hafiz pada hari . Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons